Tanggal posting, 30 January 2025
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa untuk menunjukkan keberpihakan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sudah dilakukan hapus utang dan hapus tagih.
Menurut dia, dari bank penyalur kredit UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menjadi bank yang paling banyak melakukan hapus tagih kredit UMKM macet.
“Dari monitor, terbanyak hapus tagih adalah BRI. Kalau tidak salah 71.000 utang masyarakat sudah dihapus tagih oleh Himbara, ini capaian komitmen pemerintah kepada masyarakat,” jelas Airlangga dalam Opening Ceremony BRI UMKM EXPO(RT) dan Microfinance Outlook 2025 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (30/1/2025).
Adapun, acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025 mengusung tema “Broadening MSME's Global Outreach,” alias Memperluas Jangkauan Global UMKM, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 hadir di ICE BSD City Tangerang pada 30 Januari sampai dengan 2 Februari 2025. Tak keitinggalan, pada 30 Januari, BRI juga turut menggelar BRI Microfinance Outlook 2025 yang menjadi wadah diskusi penting terkait kondisi terkini dengan menghadirkan narasumber terkemuka dari dalam dan luar negeri. Menghadirkan beragam panggung hiburan dari musisi papan atas tanah air, pada event ini ribuan UMKM lokal siap memamerkan produk terbaiknya.
Gelaran yang memasuki tahun ke-6 ini menjadi momentum strategis bagi BRI untuk terus mendukung UMKM naik kelas, terutama melalui peningkatan kapabilitas agar mampu bersaing di pasar internasional.
Seiring dengan semangat perseroan, para pelaku UMKM pun nyatanya menunjukkan komitmen dan antusiasme yang besar untuk berkembang lebih jauh. Sebagai bukti, pada tahun ini jumlah UMKM yang berpartisipasi dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025 mengalami peningkatan. Bahkan, sebanyak 1.000 UMKM terbaik berhasil lolos seleksi ketat yang berlangsung pada 4 November hingga 7 Desember 2024, meningkat sebesar 42,86% dibandingkan tahun sebelumnya.
Peningkatan ini tidak hanya mencerminkan banyaknya peserta, tetapi juga kualitas UMKMyang semakin siap untuk menembus pasar global. Tahun ini, UMKM terpilih akan dipamerkan dalam lima kategori utama, yaitu Home Decor & Craft (153 UMKM), Food & Beverage (358 UMKM), Accessories & Beauty (181 UMKM), Fashion & Wastra (273 UMKM), dan Healthcare & Wellness (35 UMKM).
TAGAR: #SuksesExpor #UMKM #umkmkopitu #goExpor #goGlobal #ukmnaikkelas #yoyokpitoyo #KOPITU #G20 #Viral
Facebook : https://www.facebook.com/kopitupusat
Grup Facebook : https://www.facebook.com/groups/656213288473045/
Twitter : https://twitter.com/KomiteKecil
Instagram : https://www.instagram.com/kopitu_/
Tik-Tok : https://www.tiktok.com/@kopitujaya2022
Sumber :https://investor.id/